Thursday, October 16, 2008

ribet atau males?

(oct 15 2008 – 10.13 pm)

Kali ini tentang “anggapan seorang teman yang menganggap saya anak baik (baca : aneh) karena selalu (ingin) pulang (langsung) setelah pulang kantor - maksudnya gak mau mampir di mana2 dulu, buat ketemuan sama orang, atau nongkrong dkk, sepulang kantor.”
Yah, sebenernya bukannya gak pernah sama sekali main sepulang kantor, pernah beberapa kali, kalo memang memungkinkan tapi yaa, seringkali memang gak bisa, atau gak mood. Abis biasanya ajakan nongkrong, nonton ato makan datang di saat yang kadang2 kurang tepat! Kalo emang lagi ada kerjaan ato mood kurang mendukung yaaaaaa isi dompet seret. Hehehe…
Kalo mau jujur sih itu semua karena saya MALAS.. Yak! Benar! MALAS – alias malas, malas jalan, malas capek, malas pulang (makin) malam, dan memang malas! Darah (malas) papa yang mengalir di tubuh saya mungkin secara biologis lebih kental jika dibandingkan darah (rajin dan enerjik) mama. Gimana nggak kalo dulu waktu smp, saking malasnya keluar rumah (dan hobinya nonton tv berjam-jam), saya pernah “diusir” sama mama. Diusir dalam artian disuruh keluar, ke mana gitu, sama temen, ngapain kek (mungkin si ibu merasa anaknya “terancam freak” karena seneng banget di rumah, dan “kok beda sama anak2 seusianya”- EMANG BEDA! GIMANA DONG???). Waktu itu saya cuma ketawa dan mikir “ni mak-mak kok gak bersyukur ya punya anak saya? Udah bagus saya gak suka kelayapan – gak kayak anak2 lain yang bikin orang tuanya jantungan nungguin si anak pulang ke rumah – ini malah nyuruh anaknya ke mana gitu – emang manusia fitrahnya gak pernah puas ya – termasuk ibu saya ;)
For me, pulang kantor ya pulang aja ke rumah (baca : kos!). Kalo emang harus banget keluar ke mana abis itu ya, cerita lain. Rasanya gak enak aja kalo mau maen ato ketemuan sepulang kerja, udah waktunya mepet, trus tempatnya juga mungkin gak enak kalo jauh2, karena ribet mikir pulangnya gimana (yak pemirsa, mohon maap seribu maap – pada dasarnya saya emang orangnya RIBET bin RIBET. Jadi kalo mo ngapa2in, mikirnya jauhhhhhhhhbangettttt alias ribetttttttt banget, ampe kadang2 mikir mending gak usah mikir aja ya???).
Coba deh, kalo mo pergi (either diajak temen ato emang mau pergi aja sendiri) yang langsung mampir (tidak hanya sekedar mampir sih sebenernya – lebih tepatnya mendorong saya untuk berpikir!) di benak saya adalah:
1. sama siapa?
2. mau ke mana?
3. ngapain di sana? (ini nih yang sering bikin saya memutuskan untuk mendingan gak usah deh... karena menurut saya kalo tujuannnya gak jelas dan cuma ngabis2in waktu, buat apa coba? Mending juga langsung pulang. Positive reasonnya sih buat hemat tenaga buat besok – walaupun sebenernya pulang2 gak langsung istirahat juga – bisa jadi malah telp2an – baca buku – nonton tv – ato ngelakuin hal-hal gak penting yang mungkin buat sebagian orang sama gak pentingnya dengan nongkrong di luar (ato bahkan nongkrong di luar lebih meaning dibanding itu? Well... sebodo teing lah kan... namanya juga itu menurut saya, hehehe)).
4. berapa lama? (nah ini juga yang sering menjadi momok menakutkan kalo mau jalan2 ato nongkrong sepulang kerja, mau berapa lama saya stay bareng temen2? Trus enak gak kalo ternyata saya berinisiatif untuk pulang duluan? Apa gak lebih baik saya mending gak usah ikut aja dari awal? Kalo ternyata bablas maen2nya, trus kemaleman, gimana? – lanjut ke poin berikutnya dong...)
5. pulangnya gimana? (kalo kemaleman, gimana pulangnya? Emang angkot masih ada? Kalo naik taksi – taksinya gampang gak nyarinya? Trus duitnya gak sayang apa buat bayar taksi? (ini mah lebih ke medit bayar taksi pake duit sendiri – hahaha!). Kalo ternyata ada yang nganterin, enak gak ngrepotin? Trus apa gak jadinya tergantung sama yang nganterin? Kan mau gak mau harus nyocokin pas dia pulang, trus kalo dia maunya pulang ntar-ntar, apa kabarnya saya??

Nah... percaya kan kalo saya RIBET?
Itu semua yang sebenernya yang menjadi momok yang keep haunting my mind (cape dehhhh). Mau gak mau ya jadilah saya yang sekarang…
Kalo dibilang gak suka jalan ato nongkrong, ya gak juga (kan udah dibilang tadi – saya juga suka ketemuan sama temen2 – weekend ato sepulang kerja sekali2 kalo sempet dan bisa). Bahkan semenjak ngantor, frekuensi ketemuan sama temen2 ato maen plus nongkrong jadi lebih meningkat dibanding jaman kuliahan dulu…
Ya mungkin karena udah punya duit sendiri – wakwakwak :P
Itu salah satu alasan selain emang dengan masuk ke dunia kerja, rutinitas hidup semakin berkesempatan membuat saya lebih cepat tertekan – dan saya yakin bukan hanya saya korban dunia kerja bukan? Hahaha… Jadi senang2 udah kayak suatu kewajiban tiap akhir minggu, even itu cuma ketemuan ato ngobrol2 doang sama temen2…
Plus sekarang juga udah mulai pada sibuk sama urusan masing2, mau gak mau kalo gak disempet2in ya gak bakal ketemulah… beda banget sama dulu waktu kuliah, tiap hari tiap jam tiap menit bareng! – apalagi kalo pk-nya bareng trus most of mata kuliahnya sama ditambah lagi ngekos bareng! – paling misahnya kalo ke kamar kecil ato aktivitas personal laen aja (misalnya : pacaran).
Duhhh kok ya jadi panjang ngebahasnya? Nyampe2 ke memori jaman kuliah aja, hehehe… jadi kangen – kapan2 kita bahas lagi si jaman kuliah, sodara2 ;)

Itu semua alasan-alasan atau “bahan ngeles” saya atas ajakan, suruhan, godaan ato sindiran buat ketemuan ato jalan2 sepulang kantor (atau di waktu-waktu lain yang menurut saya – kurang kondusif). Everyone has choice and so am i... dan juga dikarenakan kondisi tubuh saya juga kurang kondusif kalo diajak begadang buat maen2, jadi kadang2 kata bang oma ada benernya juga bukan?


Begadang jangan begadang...
Kalau tiada artinya...
Begadang boleh saja...
Asal ada gunanya...

ps : buat mbak luki, kalo mau anaknya kayak gw, pastiin tar suaminya dapet yang males jalan, males nongkrong, trus hobinya di rumahhhhh aja... dijamin deh anaknya gak jauh2 dari situ – syukur2 kalo gennya kenceng ke bapaknya, hehehe! – eh catetan ya, mak gw juga sering complain kok punya anak kayak gw – jadi minta anaknya jangan kayak gw lahhh – minta yang much better than me ok?


pesan moral : kalo mau cari suami, carilah yang kira2 bisa menularkan kebiasaan baik pada anak di kemudian hari.. kalau terlanjur udah punya suami dan anak dengan kebiasaan dan hobi yang unik?? Yaudahlah... takdir harus diterima dengan ikhlas kan? *winkwink*



(maaf kalo postingan kali ini kurang (tidak) ada sentuhan melayu – mood sedang ingin bercerita dengan posisi kasus dan setting yang agak jauh dari dunia melayu (saya) – sodara2 harap maklum ;)

No comments: