Monday, October 13, 2008

kisah sang judul

Menulis (jurnal, catatan, diary) paling baik di malam hari.
Well, benarkah demikian?
Argumentasi pertama, malam hari adalah waktu di mana manusia (normal) usai beraktivitas, di mana manusia (normal) bisa me-recap kembali apa saja yang ia lakukan sepanjang hari, sejak bangun tidur hingga malam menjelang. You can share anything, which you have done, which you have passed before and write it on your “personal wall”. Kemudian malam hari pula otak manusia (normal) bisa beristirahat setelah seharian didera kepenatan (?).
Di sisi lain, pagi hari juga waktu yang baik untuk memulai aktivitas. Pagi hari manusia dapat dikatakan dalam kondisi (yang biasanya) full of energy setelah terbantu tidur malam. Sejujurnya belum banyak fikiran buruk (either marah, benci, sakit hati, dendam kesumat(?), malas, dan teman2nya) yang bisa mempengaruhi mood untuk menulis (juga apa yang akan ditulis). Jadi pagi hari juga waktu yag sehat untuk menulis bukan?
So, what’s your choice then?
Which one do you prefer?
Write something (more personal of course, not something related to your work or business contract!) right after you wake up in the morning or after all of your activities done at night?

ps : sebenarnya ini juga terkait dengan pola hidup manusia itu sendiri bukan?
Ada yang (katanya) termasuk kategori “manusia pagi”, dan ada juga yang ’bahagia’ disebut “manusia malam”. Yang satu merasa lebih semangat beraktivitas dan HIDUP di pagi hingga siang atau sore hari, dan mulai ’redup’ ketika senja datang menyapa. Sementara jenis yang satu lagi merasa hidup baru dimulai ketika hari beranjak dari pertengahannya, dan merasa puncak semangatnya adalah ketika malam datang
Tapi percayalah teman, keduanya dapat bertukar ketika sesuatu bernama kebiasaan mulai mempengaruhi manusia. Siang bertukar menjadi malam, dan begitu sebaliknya dengan malam. Tak salah jika manusia dan sifat relatif ibarat amplop dan perangko (perumpamaan zaman dahulu kala??).
Dan tulisan ini sebenar-benarnya saya buat pada malam hari, namun diposting pada pagi hari dengan alasan dan keterbatasan yang saya miliki :D

No comments: